Ikan Pesmol Cianjur

Kira-kira dari nama Rumah Makan ini jual apa ya? Ya jelas ikan. Tapi tunggu dulu, ikan yang dijual di Rumah Makan ini spesial dan patut untuk dicoba. Sesuai nama rumah makan ini, menu paling patut dicoba adalah ikan pesmol. Konsep rumah makan sunda sudah jelas terlihat ketika mendatangi tempat ini. Kebetulan saat itu saya bersama 3 sahabat saya dan pacar saya. Saat itu kami memilih untuk duduk di bagian lesehan.

Sayangnya mungkin karena hari libur jadi meja banyak yang berantakan, terlihat belum dibereskan oleh waiter. Kursi kosong tapi meja penuh piring bekas dan gelas bekas. Dari sini saya sudah bisa nilai -1 dari sisi atmosfir (suasana) dan kebersihan. Waiter yang terlihat pun hanya sedikit, sekitar 3-4 orang, padahal rumah makan ini jelas cukup besar. Tapi memang menurut salahsatu sahabat saya yang pernah kesini, kalau hari biasa tempat ini cukup sepi, mungkin karena itulah waiternya sedikit (meski saya pikir mereka bisa saja sewa waiter freelance untuk weekend).

Ini pertama kalinya saya kesini, sehingga semua menu dipesankan oleh seorang sahabat saya. Menu yang dipesan saat itu ikan gurame pesmol, ikan gurame cobek, tempe mendoan, nasi putih, kelapa dawegan (kelapa bulat). Menu ini sendiri tersaji kurang lebih 20-30 menit.

Ikan Pesmol Cianjur

Ikan Pesmol Cianjur

Benar saja, yang paling menarik dari menu yang dipesan adalah ikan pesmolnya. Tampak seperti bumbu kacang tapi ternyata bukan, bumbunya terbuat dari berbagai rempah dan cukup menyerap ke daging ikannya. Untuk ikan gurame cobek menurut saya biasa saja, terasa pedas pun tidak (menurut saya pribadi). Sedangkan untuk tempe mendoan rasanya cukup enak juga. Bukan rumah makan sunda kalau nasinya tidak menggunakan boboko. Ketika boboko tiba di atas meja menurut saya nasinya sangat banyak.

Selesai makan pedas dan kering, nikmatnya minum air kelapa muda, jadi saya buka dawegan saya lalu saya minum. Kelapa pilihannya cukup oke, daginya lembut meski tidak begitu tebal, tapi teman saya yang lain mendapatkan daging yang tebal. Mungkin untuk yang senang daging tebal, ketika memesan jangan lupa kasih notes agar dicarikan yang banyak dagingnya.

Oke, tidak perlu berlama-lama, saya akan memberikan score pada rumah makan ini:

  1. Harga : 5/10
  2. Taste : 6/10
  3. Atmosphere : 6/10
  4. Service : 7/10
  5. Hygiene : 7/10

Untuk harga sendiri saya tidak ingat satu per satu karena bayarnya digabung bersama sahabat saya lainnya, namun per orang kurang lebih menghabiskan 48.000 (5 orang).

Bagi yang mau mampir ke rumah makan ini bisa datang langsung ke:

Jl. Setiabudi No.85

Untuk reservasi dapat menghubungi:

(022) 2030303

Pokoknya ikan pesmolnya wajib dicoba deh… ;D

Leave a Reply

