RM Sido Urip

Untuk orang Jawa mungkin akan sedikit tertarik dengan namanya. Sido Urip atau mungkin kalau saya artikan secara langsung ke bahasa Indonesia berarti : “Melakukan kehidupan sesuai rencana” (Correct me if I’m wrong). Tapi tempat ini bukan tempat konsultasi kehidupan kok, tapi sebuah rumah makan nasi uduk dengan harga sangat terjangkau, rasa bintang lima, atau biasa disebut juga : “harga kaki lima, rasa bintang lima”

Gerobak Nasi Uduk Sido Urip

Gerobak Nasi Uduk Sido Urip

Sido Urip ini ada 2 lokasi, yaitu di Jalan Holis dan di Komplek Taman Kopo Indah 1. Untuk nomor sayangnya saya tidak punya keduanya, karena mereka menyewa tempat saja, terutama yang di holis, hanya di depan sebuah ruko. Pertama kali saya mengunjungi tempat ini dulunya masih tenda loh. Hingga sekarang menjadi bentuk rumahan. Cabang yang saya selalu datangi adalah Sido Urip yang di Komplek Taman Kopo Indah I.

Interior Nasi Uduk Sido Urip

Interior Nasi Uduk Sido Urip

Jangan mengharapkan fasilitas ‘wah’ dari rumah makan ini (saya sebetulnya bingung ini disebut rumah makan/angkringan/apa). Tempatnya sangat sederhana, hanya berupa meja dan kursi seperti di tukang bakso, Tapi soal rasa, saya jamin berani diadu. Sajian, piring, dan meja pun saya bisa bilang bersih.

Menu disini hanya terdiri dari ayam, bebek, dan lele. Pilihannya bisa bebek goreng atau bakar, ayam goreng atau bakar, pecel lele. Sisanya additional seperti tahu, tempe, kol goreng, ati ampela. Nasi pun terbagi menjadi 2, nasi putih dan nasi uduk. Hari itu saya memesan 2 potong bebek (paha dan dada), 1 porsi kol goreng,  1 pecel lele, dan 2 piring nasi uduk. Buat saya, pecel lele paling enak ada di tempat ini dan di Persaudaraan (akan dibahas nanti kalau saya lagi kesana). Tapi saya prefer ke Sido Urip, karena selain tempatnya dekat dari rumah, rasanya lebih enak, apalagi sambalnya betul-betul ‘jeletot’ di lidah.

Makanan Nasi Uduk Sido Urip

Makanan Nasi Uduk Sido Urip

Menu yang saya pesan tadi bisa dibilang menu ‘must try’ dari saya ya. Dibanding bakar-bakaran, saya lebih suka goreng-gorengan. Terutama kol gorengnya, enak banget deh, tapi ingat kolesterol ya, karena kol goreng mengandung banyak sekali minyak, saking banyaknya malah kol gorengnya waktu diperas masih bisa mengeluarkan banyak minyak, tapi karena enak, jadi mungkin tidak apa ya sekali-sekali, yang penting rajin berolahraga, konsumsi buah dan sayuran, dan tentunya tidak terlalu sering.

Nasi Uduk Sido Urip

Nasi Uduk Sido Urip

Alasan saya memilih nasi uduk, karena memang lebih nikmat rasanya dibandingkan dengan nasi putih biasa. Lagipula memang nasi yang paling laku disini ya nasi uduk. Untuk pilihan nasi, sebaiknya menurut selera saja, jangan terpatok ingin nasi uduk padahal Anda tidak suka. Sedangkan untuk sambal, bagi pecinta pedas, wajib dicoba sambalnya. Biasanya sih saya mencampur langsung sambal hijaunya dengan sambal cabainya lalu diberi sedikit kecap manis, supaya makin poll, tapi kembali ke selera ya, mau pilih salahsatu pun bisa.

Bebek Goreng Sido Urip TKI

Bebek Goreng Sido Urip TKI

Untuk bebek goreng, saya bisa bilang juga bebek goreng paling enak yang pernah saya makan (ex: bebek borromeus, gob*r, uduk 8*, uduk rajiman, bebek g*rang) . Bumbunya meresap hingga tulang, dagingnya yang empuk mudah dikunyah, padahal biasanya bebek dagingnya agak alot (kenyal) kalau dimakan. Hal yang paling saya suka sih, terkadang saking keringnya, pernah sekali waktu tulangnya saja bisa saya makan dan rasanya sangat renyah (notes: belinya dada). Dicampur sambal racikan yang saya buat dan nasi uduk hangat membuat nafsu makan semakin bertambah dan tentunya makin semangat makan.

Pecel Lele Sido Urip TKI

Pecel Lele Sido Urip TKI

Nasi masih banyak, lauk sudah habis, saya putuskan untuk membeli seporsi pecel lele (doyan apa rakus ya?). Untuk pecel lele, sama seperti bebek, bumbunya benar-benar meresap hingga ke tulang, bahkan pinggir tulangnya bisa saya makan. Dagingnya pun mudah dipisahkan dengan tulangnya (menurut beberapa orang ini berarti ikannya fresh, bukan ikan yang pakai formalin dan teman2nya). Dagingnya jelas empuk karena digoreng dadakan. Tapi yang terpenting dari pecel lele ini adalah perpaduan antara sambal, nasi uduk, kol goreng, dan bumbu khas dari Sido Urip yang tidak pernah saya temui lagi dimanapun. Malah terkadang saya suka mengambil kol goreng, saya masukan daging ikan lele dan sedikit nasi uduk, lalu saya lipat bungkus dan diberi sambal. Rasanya sudah jelas : MANTAP.

Selesai makan, jangan lupa makan mentimun atau lalap yang disajikan, konon kata orang tua saya, makan mentimun dapat mencegah kanker dan kolesterol yang baru dimakan. Untuk minuman, Sido Urip hanya menyediakan teh panas (gratis dan refill), es teh manis, dan es jeruk, tidak ada yang lain. Kalau Anda ingin minuman yang lain, boleh nyebrang jalan, ada sebuah convenient store (A…Mart), disana jual banyak minuman.

Total harga yang saya keluarkan untuk makanan sebanyak ini adalah : Rp 50.000,00. Dengan rincian kurang lebih (September 2013):

  1. Bebek Goreng – 36.000 (@ 18.000)
  2. Kol Goreng – 2.000
  3. Pecel Lele – 6.000
  4. Nasi Uduk – 6.000 (@ 3.000)

Dengan harga segitu saya pikir tidak terlalu mahal ya, karena jelas ada 3 menu utama disana.

Terakhir, untuk penilaian saya:

  1. Harga : 7/10
  2. Taste : 9/10
  3. Atmosphere : 3/10 (namanya juga pinggiran)
  4. Service : 8/10 (responnya tanggap banget, maklum wong jowo yang punyanya)

  5. Hygiene : 7/10

Terakhir yang tidak terlewat dari review tempat ini adalah : Aroma sambal cabainya awet banget di jari (kalau makan pakai sambal), cuci tangan 2-3 kali pun tetap masih ada aroma sambalnya. Biasanya saya menggunakan jeruk nipis dan lemon kalau ingin cepat hilang.

Untuk yang mau datang bisa ke :

Jalan Hollis (sebelum jembatan tol hollis)

atau ke :

Taman Kopo Indah I (dekat Rumah Makan Padang dan Al**mart), sebelum belokan masjid Al-Mutaqien (Maaf kalau salah nama)

[UPDATE 26/11/2013]

Sido Urip Taman Kopo Indah pindah ke Jl. Bojong Raya

Sedikit komentar dari saya, sangat disayangkan tempat makan ini pindah, sehingga saya harus sedikit lebih jauh ke Hollis untuk menikmati makanan khas dari Sido Urip ini. Tapi semoga Sido Urip makin sukses dan ramai di tempat barunya tuh.. 😀

 

Untuk nomor telepon mereka adanya nomor HP pribadi untuk delivery service (saya tidak tahu berapa, karena tidak pernah delivery juga). Untuk reservasi tempat sih tidak bisa.

Jam operasional Sido Urip ini dari jam 5.30 sore hingga 10 malam.

So, buat yang doyan nasi uduk, bebek goreng, dan pecel lele, langsung aja dateng ke tempat ini. Mau ditemani saya juga bisa, asal ditraktir.. :p

One thought on “RM Sido Urip

Leave a Reply

