Rumah Makan Padang Salero Bagindo

Makan siang untuk beberapa orang pasti enaknya makan masakan padang. Pedas-pedas gurih dan aroma rempah dari masakan Padang yang begitu khas, untuk sebagian orang sangat menggiurkan dan menambah selera makan. Kalau tidak suka pedas bagaimana? Tenang, sebagian tempat biasanya menyediakan menu Ayam Pop, salah satunya di RM Padang Salero Bagindo.

Masih di Bandung Selatan, kali ini saya memang habis banyak beraktifitas sehingga untuk mengobati perut lapar saya putuskan untuk makan nasi Padang, dan setelah berputar-putar di jalan, akhirnya saya memutuskan ke tempat makan langganan saya yaitu RM Padang Salero Bagindo yang berada di komplek Taman Kopo Indah.

Hari itu saya pesan 2 porsi. 1 porsi berisikan nasi putih, daging campur, perkedel kentang, daun singkong, cabai hijau. 1 porsi lagi berisikan nasi putih, ayam pop, dan perkedel kentang (pacar saya tidak suka pedas).

Nasi Padang RM Salero Bagindo

Nasi Padang RM Salero Bagindo

Ya, inilah menu yang saya pesan. Memang terlihat sedikit, makanya biasanya saya pesan lagi nasi 1/2 porsi. Saya paling suka nasinya dicampur dengan kuah daging atau rendang, jadi nasinya pun terasa pedas dan gurih. Daun singkong cukup saya campur dengan sambal hijau, sedangkan perkedel untuk sedikit mengobati rasa pedas di lidah. Perlu saya ingatkan, sambal hijau disini bisa dibilang pedas sekali, jadi jangan langsung dilahap banyak.

Daging Campur Salero Bagindo

Daging Cincang Salero Bagindo

Nah, ini dia menu yang kadang saya pesan dan jadi menu yang saya suka, yaitu daging cincang. Isinya berupa daging cincang, sedikit kikil, dan lemak lalu terdapat kuah khas Padang dengan citarasa rempah yang kuat.

Makan kedua menu ini bisa dibilang puas banget deh, nasinya saya kasih kuah dari daging cincang, lalu mengambil daun singkong dicampur sambal hijau. Sesekali saya juga makan perkedelnya agar tidak terlalu pedas ketika makan. Perkedel kentang disini menurut saya sangat enak dibanding perkedel kentang di RM Padang lainnya. Perkedel kentang disini sangat empuk (di tempat lain seringkali agak keras), untuk rasa sih sudah pasti asin, tidak pedas. Untuk daging campur, saya sarankan jangan terlalu sering ya, karena banyak mengandung lemak. Kalau takut kolesterol bisa coba juga menu rendangnya, setidaknya lebih mending dari daging cincang tapi cita rasa sama. Untuk beberapa orang tidak lengkap rasanya makan Padang tanpa makan rendang. Jadi bisa saya rekomendasikan juga rendang di tempat ini. Memang tidak seempuk daging steak well done di cafe, tapi buat saya sih rasanya enak dan tidak begitu keras juga.

FYI : Rendang merupakan makanan yang diakui makanan paling enak di dunia

Ayam Pop RM Salero Bagindo

Ayam Pop RM Salero Bagindo

Nah, ini dia menu yang bisa saya bilang saya favoritkan juga, yaitu ayam pop. Ayam pop merupakan ayam yang direbus dengan air kelapa dan bumbu-bumbu khas Padang lainnya. Di tempat ini menurut saya ayam pop terenak kedua yang pernah saya makan. Rasa khas ayam pop betul-betul meresap ke dagingnya, belum lagi dagingnya yang empuk membuat saya selalu ketagihan membeli ayam pop ini jika sedang tidak membeli daging sapi (cincang/rendang).

Suasana RM Padang Salero Bagindo

Suasana RM Padang Salero Bagindo

Suasana RM Padang Salero Bagindo

Suasana RM Padang Salero Bagindo

Untuk Interior, RM Padang Salero Bagindo ini biasa saja, layaknya RM Padang lainnya. Tapi bisa saya bilang kecil, sehingga sempit kalau sedang banyak orang yang makan. Oya, jika Anda datang di saat jam makan siang, saya jamin tempat ini penuh sekali. Bisa saya maklumkan juga, karena lokasi tempat ini dekat dengan bank, tempat facial, dokter umum, toserba, dan sekolah, jadi saya bisa bilang tempatnya strategis. Kalau sedang penuh sih biasanya saya lebih baik dibungkus (meski mengurangi rasanya sedikit, tidak tahu kenapa bisa begitu). Karena kalau saya paksakan makan disana, sedikit tidak nyaman karena panas, penuh, dan asap rokok mengepul dimana-mana.

Untuk harga, saya tidak bisa memberikan info harganya, karena RM Padang Salero Bagindo ini tidak menggunakan bon atau lainnya, dia hanya tekan-tekan kalkulator lalu muncul jumlahnya. Saya menghabiskan Rp 37.500,00 dengan rincian menu : 2,5 porsi nasi putih, ayam pop, daging cincang, 2 perkedel, daun singkong + cabai hijau, dan 2 es teh manis.

Menurut saya harga segitu cukup murah ya, dibandingkan RM nasi padang lainnya. Kadang malah saya bisa menghabiskan 60.000 hanya untuk menu seperti itu.

Terakhir, penilaian saya untuk tempat ini:

  1. Harga : 8/10
  2. Taste : 9/10
  3. Atmosphere : 6/10
  4. Service : 8/10
  5. Hygiene : 8/10

Lokasi tempat ini tidak jauh dari pintu utama Taman Kopo Indah, berada di seberang toserba Super Indo, diapit oleh toko facial dan bank. Untuk orang luar Bandung bisa langsung lewat tol Kopo, lalu menuju ke arah Taman Kopo Indah, dari pintu utama komplek, tidak jauh darisana di sebelah kanan ada RM Salero Bagindo ini. Salamaik makan!

Leave a Reply

