Kambing Bakar Cairo

“Anda Tidak Ketagihan, Jangan Anda Bayar”. Wow, tempat makan mana coba yang berani memberikan tagline seperti itu? Buat saya sepertinya agak nekat, tapi tunggu dulu, silahkan dicoba dulu, baru bicara.

Kambing Bakar Cairo, dari namanya saja sudah jelas ya apa yang mereka jual. Ya, tentu saja Kambing bakar, tapi bukan di Cairo kok, tempatnya ada di kota Bandung dan Jakarta. Kambing Bakar Cairo pun berani menaruh tagline “Kambing Bakar ter-enak ke-2 se-Timur Tengah”. No. 1-nya siapa? Wah, saya sendiri kurang tahu, mungkin di Cairo-nya.

Hari ini saya kebetulan mau mencoba Kambing Bakar Cairo di Jalan Cihampelas Bandung. Biasanya saya beli di Kopo Sayati Bandung (dekat dengan rumah). Tapi karena saya habis nonton XXI di Cihampelas Walk, jadi saya putuskan untuk makan Kambing Bakar Cairo cabang Cihampelas (lebih dekat dan perut sudah lapar).

Interior Kambing Bakar Cairo Cihampelas Bandung

Interior Kambing Bakar Cairo Cihampelas Bandung

Tanpa basa basi, saya langsung pesan kambing bakar ukurang sedang 1 porsi bagian iga, nasi 2 porsi, es teh manis 1 gelas. Nah, ini sedikit trik dari saya kalau mau makan cukup hemat berdua sama pacar. Belinya ukuran sedang saja, harganya 63.000, nantinya kambing yang datang cukup banyak kok, jadi bisa dibagi 2, sehingga kalau dihitung per orang harganya jadi 31.500. Kalau beli satu yang kecil, harganya 42.000. Tapi ingat ya, ini berlaku kalau salah satunya makannya sedikit, kalau keduanya sama-sama makan banyak lebih baik beli yang kecil 2 porsi biar lebih puas. Saya melakukan trik ini sudah jelas, karena pacar saya makannya lebih sedikit dari saya.

Waktu tunggunya tidak lama, kurang lebih 5 menit sudah datang sambal kecap untuk cocolan kambing bakarnya. 5 menit kemudian datang nasi putih dan es teh manis. 5 menit setelahnya datang kambing bakar yang ditempatkan di hot plate. Tapi kondisi tempat ini cukup sepi, jadi mungkin itu juga penyebab menu saya cepat datangnya.

Kambing Bakar Cairo - Iga

Kambing Bakar Cairo – Iga

Nah, ini dia pesanan saya, kambing bakar bagian iga. Dagingnya mudah dilepas dari tulang, sudah kebayang berarti bahwa dagingnya sangat empuk. Ya, memang begitu setiap kali saya ke Kambing Bakar Cairo cabang manapun pasti dagingnya empuk, padahal saya biasa beli paha. Untuk iga, lemaknya lebih banyak daripada paha yang biasa saya beli, tapi rasanya jadi jauh lebih gurih. Kolesterol? Tidak perlu terlalu khawatir, kambing bakar Cairo menggunakan kambing berusia 3 bulan. FYI, kambing berusia di bawah 5 bulan kolesterolnya lebih sedikit dibanding 5 bulan ke atas, sehingga kambing ini aman untuk dikonsumsi, jangan takut dengan kolesterol. Tapi bukan berarti bisa sering dimakan ya, dimana-mana yang terlalu berlebihan tidak baik.

Sambal Kecap Kambing Bakar Cairo

Sambal Kecap Kambing Bakar Cairo

Nah, ini dia teman si kambing yang membuat kambing bakar ini makin enak. Sambal kecap yang dicampur merica/lada putih, dan irisan cengek. Campuran keduanya ini membuat rasanya semakin mantap dan pastinya menambah nafsu makan (bagi yang suka pedas). Oya, bisa saya sarankan kalau tidak terlalu suka lemak silahkan pilih paha, sedangkan kalau mau ada sensasi sumsum, pilihlah punggung. Terakhir untuk review kambing bakarnya, kulitnya agak sedikit keras, tapi toh namanya juga kulit kambing, yang terpenting dagingnya yang empuk, bumbu yang meresap hingga ke tulang (serius, saya pernah coba hisap tulangnya dan benar masih terasa bumbunya).

Terakhir, es teh manis. Saya tidak bisa komentar banyak, toh hanya es teh manis biasa saja.

Menu Kambing Bakar Cairo Cihampelas Bandung

Menu Kambing Bakar Cairo Cihampelas Bandung

Nah, ini dia menu yang dijual di tempat ini. Saya pernah dengar-dengar sih, gulai kambingnya juga enak banget. Roti mariam-nya pun enak, tapi karena saya sudah kenyang, jadi saya tidak memesan menu lain.

Tempat ini menyediakan reservasi, sehingga bisa telepon dahulu untuk melakukan reservasi tempat.

So, berikut harga yang saya keluarkan (September 2013)

  1. Kambing Bakar Medium 1 porsi : 63.000
  2. Nasi Putih 2 piring : 12.000 (@6.000)
  3. Es Teh Manis 1 gelas : 6.000
  4. Pajak dan Service : 10%
  5. Tips : XXX (serelanya, tidak saya sebut)
  6. Parkir : 1000

Sedangkan untuk penilaian, saya memberikan:

  1. Harga : 6/10
  2. Taste : 10/10
  3. Atmosphere : 7/10
  4. Service : 6/10
  5. Hygiene : 8/10

Saya bahas soal harga, saya pikir sebetulnya tidak bisa dibilang murah, tidak bisa dibilang mahal. Karena selain rasanya memang sangat enak, saya kira daging kambing bakar di hotel atau rumah makan lain biasanya lebih mahal dan tidak seenak kambing bakar Cairo.

Untuk taste saya kasih 10 karena memang menurut saya agak ketagihan untuk makan disini. Tapi sayangnya atmosphere rumah makan ini tidak begitu baik, bahkan masih lebih baik Kambing Bakar Cairo di Jl. Kopo Sayati (lagi-lagi tempat terbaik ada di Bandung Selatan). Untuk service saya beri 6 karena pelayannya tidak murah senyum, ekspresi mereka semua datar. Mereka senyum hanya ketika saya bayar ke kasir, itupun yang senyum hanya kasir.

So, buat yang mau datang atau reservasi silahkan kontak Kambing Bakar Cairo di bawah ini:

Jl. Gegerkalong Hilir No. 25-27 (Dalam sebuah hotel)

(022) 71191911

atau

Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 104 (Seberang Hotel Horizon)

(022) 7305381

atau

Jl. Cihampelas No. 123 (Sebelah Hotel Aston)

(022) 61556616

atau

Jl. Gatot Subroto No. 23 – Cimahi

(022) 6652029

atau

Jl. Kopo Sayati No. 157 (Satu gedung dengan Mayasari) – recommended place

(022) 5406005

Nah, dari alamat di atas ada yang bilang kalau Kambing Bakar Cairo pusatnya ada di pelajar pejuang, tapi saya tidak begitu suka tempat disana. Cukup menyeramkan, karena lantai bawahnya tempat kumpul anggota motor sejenis chopper (mirip harley), jadi membuat pacar saya agak takut, ditambah lantai duanya alias tempat makannya, ketika saya berjalan, rasanya seperti gempa bumi, kelihatan tidak kokoh, padahal lantai.

Jadi, saya sarankan sih di Kopo Sayati, selain bersebelahan dengan Mayasari (untuk beli oleh-oleh Bandung seperti cheese stick, molen, dll) tempatnya juga paling bersih dan paling nyaman. Bahkan kalau masih mau berkuliner di malam hari tinggal menyeberang jalan akan ditemukan tempat makan Soerabi : “Soerabi Pa’Is”. Seperti apa rasanya? Silahkan coba atau tunggu tanggal mainnya di blog ini.

2 thoughts on “Kambing Bakar Cairo

Leave a Reply

