Bakmie Menara

Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air. Orang Italia, Tionghoa, dan Arab telah mengklaim bangsa mereka sebagai pencipta mi, meskipun tulisan tertua mengenai mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Pada Oktober 2005, mi tertua yang diperkirakan berusia 4.000 tahun ditemukan di Qinghai, Tiongkok.

Bicara tentang Mie memang sepertinya di tiap negara pasti ada menu satu ini, dan pastinya di tiap kota juga biasanya ada begitu banyak tempat makan mie yang terkenal. Mulai dari Jakarta dengan Bakmie Gajah Mada, Bakmie Gang Kelinci, dan masih banyak lagi.

Tidak terkecuali Bandung, di Bandung ada begitu banyak tempat makan mie yang enak, sebut saja Mie Kejaksaan (Jalan Kejaksaan dan Hyper), Mie Naripan (Jalan Naripan), Mie Linggar Jati, atau bahkan Mie Yosunbie.

Nah, salahsatu tempat mie paling enak di Bandung selain di atas menurut saya adalah Bakmie Menara. Wah, apakah mie-nya dibentuk jadi menara? Atau Mie-nya berbentuk menara?

Tentu bukan. Bakmie Menara ini merupakan tempat makan mie yang berada di daerah Taman Kopo Indah, Bandung Selatan. Menurut saya menu paling enak di tempat ini adalah Yamien Manis dan Pangsit Goreng. Jadi, saya pun memesan 2 porsi yamien manis, 1/2 porsi pangsit goreng (isi 5).

Suasana Bakmie Menara

Suasana Bakmie Menara

Untuk tempat sebetulnya biasa saja, tapi menurut saya sih cukup bersih dan cukup panas, karena AC-nya kadang tidak menyala, sehingga saya harus request dulu untuk menyalakan AC. Tempatnya pun indoor tertutup sehingga bebas dari banyaknya debu jalanan.

Menu Bakmie Menara

Menu Bakmie Menara

Nah, ini untuk menu/price list bakmie menara bulan September 2013. Seperti yang sudah saya sebutkan, saya pesan Yamin Manis Ayam 2 porsi, dan 1/2 porsi pangsit goreng.

Yamien Manis Bakmie Menara

Yamien Manis Bakmie Menara

Ini dia menu yang ditunggu, yaitu yamien manis. Mie-nya menggunakan mie kecil dan saya memang sangat suka mie yang berbentuk kecil, dibandingkan dengan yang besar-besar. Soal rasa saya jamin puas, apalagi kalau Anda seorang penggemar bakmie, menu satu ini tidak boleh dilewatkan. Untuk penggemar pedas, boleh juga coba Mie Rica-nya.

Kuah Bakmie Menara

Kuah Bakmie Menara

Tidak lengkap rasanya kalau Yamien tidak diberi kuah, karena saya memesan Yamien Ayam biasa, jadi kuahnya hanya berisi sayuran. Tapi bisa juga kok untuk memesan isi bakso, pangsit, dorokdok, dll. Kalau boleh saya rekomendasikan, enaknya itu pangsit kuahnya. Tapi bakso pun tak kalah enaknya (tergantung selera).

Pangsit Goreng Bakmie Menara

Pangsit Goreng Bakmie Menara

Ini dia menu yang akan menemani saya makan Yamien Bakmie Menara, pangsit goreng! Pangsit goreng di tempat ini bisa saya bilang enak banget. Karena dibuat secara dadakan, tipis kriuk, dan di tengahnya ada campuran ayam dan udang membuat rasanya makin WAW!

Selain menu di atas ada menu lainnya yang bisa saya rekomendasikan yaitu : dorokdok, siomay, serta nasi tim.

Ga perlu berlama-lama, berikut harga yang saya tebus (September 2013)

  1. Yamie Manis 2 Porsi – 30.000 (@15.000)
  2. Pangsit Goreng 1/2 Porsi – 8.000 (isi 5)

Sedangkan untuk penilaian, saya memberikan:

  1. Harga : 6/10
  2. Taste : 10/10
  3. Atmosphere : 3/10
  4. Service : 5/10
  5. Hygiene : 7/10

Untuk penilaian menurut saya harganya cukup wajar, karena ini merupakan rumah makan mie, bukan tukang mie biasa. Untuk suasana menurut saya biasa saja, tidak ada yang spesial, sedangkan service bisa dibilang self-service disini apalagi kalau penuh. Untuk kebersihan saya bisa berikan bagus karena memang tempat ini bersih, setiap pengunjung selesai makan, langsung dibereskan. Hanya saja ketika pertama kali masuk tempat ini pasti akan ada aroma tidak sedap dari tempat ini (mungkin aroma godokan mie atau apa) sehingga agak tidak nyaman sedikit, tapi lama kelamaan biasanya akan terbiasa dengan sendirinya. Kekurangan dari tempat ini menurut saya ada 2 yaitu : tidak bisa delivery dan hanya buka hingga jam 5, tapi kadang jam 3 atau 4 pun sudah tutup karena sudah habis.

Nah, buat yang mau dateng atau reservasi tempat silahkan kontak Bakmie Menara di bawah ini:

Perumahan Taman Kopo Indah III Ruko F No. 22 – Bandung

(022) 91199772 atau 70198288

Hari Selasa tutup.

Untuk orang luar Bandung, jika ingin datang ke tempat ini cukup mudah, ambil arah tol keluar tol Kopo, lalu dari tol kopo belok ke kanan, dari sana lurus terus hingga nanti ada Restoran Fast Food Pizza Hut, tidak jauh dari sana ada belokan ke kanan yaitu Taman Kopo Indah I. Dari sana lurus terus ikuti jalan, nantinya akan ketemu Taman Kopo Indah III. Dari situ lurus terus hingga bundaran, lalu belok kiri, lurus terus lagi dan nantinya di sebelah kanan, sebelum sekolah Talenta ada plang Bakmie Menara.

Mungkin agak ribet, tapi sebetulnya gampang kok untuk datang ke tempat ini. Untuk yang mau ditemani silahkan hubungi saya saja.

2 thoughts on “Bakmie Menara

Leave a Reply

