Es Pisang Ijo BPK (Pisang Ijo Lekker)

Melihat dari namanya bukan berarti es pisang yang masih mentah ya, melainkan es yang biasanya berisikan pisang yang dibalut kulit berwarna hijau ditambah sirup, cokelat, kacang, dan dibanjur santan kental. Seiring jalannya waktu, es pisang hijau ini semakin beraneka, mulai dari rasa durian, strawberry, dan banyak lagi.

FYI (For Your Information), es pisang ijo itu asalnya dari Makassar. Saya sendiri belum pernah datang ke Makassar untuk mencoba menu satu ini.

Kali ini saya ingin mengajak Anda untuk mencoba salahsatu tempat makan pisang ijo di Bandung yang menurut saya enak banget. Lokasinya berada di dekat sekolah BPK1 Penabur Pasir Kaliki.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Pisang Ijo

Pisang Ijo

 

Siang-siang kalau sedang panas biasanya ditemani es itu nikmat banget. Kalau sedang berada di daerah pasir kaliki (sekitar Prima Rasa) bisa tengok ke dekat sekolah BPK1 Penabur Bandung. Disana terlihat sebuah gerobak kecil dengan spanduk yang menutupi gerobaknya bertuliskan “Pisang Ijo Lekker”. Perlu diingat, tempat ini buka kalau sekolah tidak libur dan di antara jam 11-2 siang saja. Biasanya di atas jam segitu sudah habis terjual.

Saya pun memesan 2 porsi es pisang ijo dan melihat cara pembuatannya. Sebetulnya simple sekali dalam membuat es pisang hijau. Pisang ijo yang sudah jadi dipotong berbentuk bulat, lalu diberikan santan kental, lalu ditaburkan coklat meses, kacang, dan tak lupa sirup rasa pisang. Untuk yang tidak mau sirup pisang, tempat ini juga menyediakan susu kental manis cokelat sebagai pengganti sirup. Langkah terakhir tentu pemberian es batu, pisang ijo pun siap disantap.

Untuk rasa saya bisa bilang MANTAP sekali. Es pisang ijo ini patut dicoba. Meskipun hanya sebatas jajanan sekolah, tapi saya rasa makanan ini patut dicoba dan jangan dilewatkan. Perpaduan rasanya menurut saya sangat pas, mengingat tempat lain terkadang santannya terlalu cair atau rasa santannya terlalu kuat, atau pisangnya kurang baik.

Pisang Ijo Lekker

Pisang Ijo Lekker

Untuk penampilan jika makan ditempat menggunakan sebuah mangkuk, tapi waktu itu saya tidak ada tempat duduk sehingga saya menyantap di tempat lain, sehingga menggunakan gelas cup plastik.

Oya, jika Anda penggemar bakso bisa coba juga bakso solo tepat di sebelah tukang pisang ijo ini. Pesan 1 porsi bakso ditemani pisang ijo menurut saya sangat pas dan cocok.

Kali ini saya tidak memberi nilai pada tempat ini karena hanya berupa jajanan. Saya hanya akan memberikan rate Bintang pada tempat ini untuk soal rasa, dan saya berikan bintang 4 dari 5.

Must try!

Lokasi GPS:

-6.903293 , 107.597521

Peta:

Lokasi Pisang Ijo Lekker

Lokasi Pisang Ijo Lekker

 

Leave a Reply

