IgeLanca

Igelanca (From bdgunderscore)

Igelanca (From bdgunderscore)

IgeLanca, mendengar nama ini dulu saya merasa tempat makan ini seperti tempat makan Sunda, jadi makanan yang saya bayangkan adalah ayam goreng, ikan gurame, tahu, nasi liwet, dan sejenisnya. Tapi ketika sudah didatangi tempatnya, ternyata berbeda dari perkiraan saya, Igelanca merupakan sebuah cafe yang dibuat atau dibentuk dengan konsep rumahan sehingga pengunjung bisa nyaman karena seperti berada di rumah sendiri.

Ige Lanca

IgeLanca

Sebetulnya saya sudah beberapa kali kemari ketika masih SMA (sudah lama sekali), dan kali ini merupakan kunjungan saya pertama kalinya setelah sekian lama tidak kesana. Tempatnya masih sama, bentuknya masih homey dan nyaman. Tadinya saya mau duduk di lantai 2 (view-nya lebih bagus), tapi karena cuaca agak gerimis mendung, jadi saya pilih di teras rumah saja. FYI: lantai 2 di Igelanca ini tidak ada tutupnya, jadi kalau gerimis atau hujan biasanya tidak bisa dipakai. Padahal biasanya saya duduk di lantai 2, disini sangat cocok untuk tempat ngobrol lama dengan teman atau pacar (selama ga hujan).

Cuaca dingin membuat saya memilih menu Sop Buntut untuk menghangatkan badan, sedangkan pacar saya membeli nasi goreng sosis (saya lupa nama menunya, tapi kurang lebih sama). Untuk minuman saya membeli hot lemon tea dan teh panas.

Nasi Goreng Sosis Ige Lanca

Nasi Goreng Sosis Ige Lanca

Kami menunggu kurang lebih sekitar 20-30 menit, dan makanan pun datang. Yang datang pertama kali jelas nasi goreng. Untuk nasi goreng ini bukan sekedar nasi goreng sosis biasa, nasi goreng ini dibumbui mayonaise, potongan smoked beef, serta sosis bockwurst yang dipotong-potong.

Nasi Goreng Sosis Ige Lanca

Nasi Goreng Sosis IgeLanca

Soal rasa saya akui masih enak seperti dulu, itu menandakan Igelanca konsisten dalam membuat makanan. Meskipun hari itu cukup sepi (padahal weekend) tapi pelayanan cafe ini masih sangat ramah. Oya, jika Spoiler Lovers menyukai pedas, coba menu nasi goreng ige lanca, ketika SMA dulu menu ini yang sering saya pesan.

Sop Buntut Ige Lanca

Sop Buntut Ige Lanca

Nah, kali ini menu yang saya pesan datang, Sop Buntut! Nampak dari penampilan menurut saya sudah cukup wah, terlihat menggiurkan, karena disana saya bisa menghirup berbagai aroma rempah dan aroma khas sop buntut. Kentang-nya pun digoreng terlebih dahulu seperti wedges potato, tapi tidak menggunakan kulit kentangnya.

Sop Buntut Ige Lanca

Sop Buntut Ige Lanca

Ketika mencicipi kuah sopnya, betul-betul terasa hangat di tenggorokan (hari itu saya sedang batuk jadi sangat terasa). Untuk rasa kuahnya saya betul-betul cocok dengan sop buntut disini, rasanya cukup kuat. Perpaduan dengan kentang yang digoreng kering membuat kentang ini tetap crunchy meski sudah dicampur dengan kuah. Tidak lupa juga menambahkan sambal khas ige lanca (kalau tidak salah sambal mangga). Rasa pedasnya pas, gurih, dan ketika dicampur dengan sop buntut IgeLanca rasanya betul-betul mantap iler…. Betul-betul recommended menurut saya.

So, untuk harga dari IgeLanca ini saat ini saya tidak bisa memberikannya, karena bon nya hilang dan tidak sempat saya foto, tapi kurang lebih range harga di tempat ini 20-50ribu untuk makanannya. Harga yang tidak begitu mahal untuk standar cafe di Dago atas.

Sedangkan untuk penilaian, saya memberikan:

  1. Harga : 8/10
  2. Taste : 8/10
  3. Atmosphere : 8/10
  4. Service : 8/10
  5. Hygiene : 7/10

Untuk harga menurut saya masih sangat worthy untuk dibeli, karena porsi di cafe ini banyak dan sesuai dengan harga yang kita beli. Untuk taste sendiri, sesuai yang saya tulis di atas, dari sejak SMA saya kesini, makanan disini tetap enak, terutama sop buntut-nya (saya baru coba) yang betul-betul nendang.

Untuk atmosphere jelas saya beri nilai cukup tinggi karena kesan homey di cafe ini membuat kita nyaman untuk duduk lama, seperti berada di rumah sendiri. Service dan kebersihan dari cafe ini juga bisa terbilang baik. Pelayanan ramah dan untuk kebersihan toilet juga cukup terjaga, serta toilet-nya cukup luas.

Ige Lanca

Ige Lanca

So, buat yang mau menikmati makanan enak tidak begitu mahal dan pemandangan dago atas serta suasana homey sebuah cafe, silahkan datang ke:

IgeLanca

Jl. Bukit Pakar Timur No. 2, Dago Pakar (Dago Atas)

(022) 2503435

Buka dari jam 11 siang – 11 malam.

 

Untuk lokasinya, mungkin bisa lihat postingan saya dengan judul Lisung, jika sudah pernah kesana, Igelanca ini tinggal lurus terus saja dari Lisung, nanti ada di sebelah kiri.

Leave a Reply

