Musouya Japanese Cuisine

Hello, lama ga posting disini. Sebetulnya uda cukup lama mau posting tempat makan yang mantep banget, tapi karena kesibukan sehari-hari jadinya baru bisa posting kali ini.

Musouya

Musouya

Ya, kali ini saya akan ajak pembaca Food Spoiler ke tempat makanan Jepang dengan rasa dan khas citarasa asli dari Jepang. Kenapa begitu? Karena di Musouya ini kokinya asli dari Jepang sana.

Kali ini, saya makan tidak hanya berdua dengan pacar saya, tetapi juga dengan 3 orang teman saya. Salah satu teman sayalah yang merekomendasikan tempat ini, karena menurut dia harganya cukup terjangkau dan rasanya enak. Karena rasa penasaran itulah saya sangat ingin mencoba makanan di tempat ini.

Musouya

Musouya

Nah, ini dia tampak depan Resto Musouya, kelihatan mewah? Ya, karena sebetulnya ini adalah hotel. Musouya ini ada di dalam hotel tersebut, yaitu Hotel New Sany Rosa. Hari itu kurang lebih saya memesan Homemade Yaki Gyoza, Chicken Katsu Don, Gyutan Don, Tori Amazu Don, sisanya saya agak lupa (berhubung bukan saya yang makan juga). Tanpa panjang lebar, mari kita bahas makanan di tempat ini.

Nah, menu di atas merupakan seporsi kacang panjang yang dicampur dengan wijen dan bumbu khas dari Musouya. Menu ini dipesan teman saya untuk dimakan ramai-ramai. Menurut saya rasanya enak meskipun saya padahal tidak suka kacang panjang. Jadi untuk anak-anak yang sulit makan sayur boleh coba menu yang satu ini.

Jpeg

Next, menu di atas merupakan menu tofu yang diberi bumbu. Saya lupa nama menu ini apa, yang pasti di atasnya ditaburi Katsuobushi (yang biasa ditabur di Okonomiyaki/Takoyaki). Soal rasa, menurut saya sih biasa saja.

Homemade Yaki Gyoza

Homemade Yaki Gyoza

Nah, ini salahsatu pesanan saya. Menu ini mungkin lebih tepat dijadikan cemilan selagi menunggu makanan utama. Yaki Gyoza ini terbuat dari sejenis kulit pangsit yang di dalamnya terdapat daging dan sayuran. Kalau di masakan China biasa menu ini namanya Kuotie. Bedanya, kuotie biasanya digoreng kering, kalau ini luarnya masih agak basah. Soal rasa menurut saya ini Gyoza terenak yang pernah saya makan, karena biasanya Gyoza di luaran seringkali banyak minyak dan isinya sedikit. Jadi menu ini patut dicoba.

Gyutan Don

Gyutan Don

Berikutnya, ini menu yang saya pesan yaitu Gyutan Don. Semangkuk nasi di atasnya ada daging sapi yang dipotong tipis serta diberi bumbu khas dari Musouya dan wijen. Pada menu ini juga terdapat gorengan random (ada ubi, kentang, dll.) dan semangkuk miso soup, tak lupa disertakan juga kacang panjang yang saya sebut di menu pertama, bedanya dalam paket ini hanya berisi sedikit saja.

Gyutan Don

Gyutan Don

Soal rasa, menurut saya gorengannya aneh (mungkin tidak biasa, dan saya kebagiannya ubi) sedangkan untuk dagingnya menurut saya luar biasa. Dari berbagai macam restoran Jepang yang saya coba, bumbu di Musouya ini tergolong unik dan sangat enak. Terakhir, untuk miso soup saya juga acungkan jempol karena rasa dari Miso Soup ini tidak bikin eneg.

Chicken Katsu Don

Chicken Katsu Don

Hampir sama dengan Gyutan Don. Pada Chicken Katsu Don juga terdapat miso soup dan gorengan random. Perlu diketahui, porsi pada Musouya ini cukup banyak, bahkan pacar saya sendiri hanya makan setengahnya.

Back to menu, soal rasa pada Chicken Katsu Don ini menurut saya enak banget, katsunya tidak seperti katsu pada restoran Jepang umumnya, begitu juga dengan donburi-nya yang rasanya mantap iler. Saya cukup merekomendasikan menu ini juga selain Gyutan Don.

So, untuk harga dari Musouya ini kurang lebih berkisar dari 40-60 ribu untuk makanan utamanya, dan 25-25 ribu untuk side dish-nya. Untuk minuman kurang lebih saya menghabiskan 8000 untuk Ocha (refill). Harga eksak tidak bisa saya sebutkan karena waktu itu bon-nya ada di teman saya.

Sedangkan untuk penilaian, saya memberikan:

  1. Harga : 8/10
  2. Taste : 10/10
  3. Atmosphere : 7/10
  4. Service : 9/10
  5. Hygiene : 8/10

Nah, kita coba bahas soal harga, menurut saya harga di Musouya tergolong wajar, terutama jika melihat besar porsinya dan kualitas daging ataupun makanan lainnya. Sedangkan taste menurut saya ini resto Jepang terbaik yang pernah saya cicipi, hal ini mungkin karena kokinya mahir dan asli dari Jepang yang membuat bumbu-bumbu masakanya sangat khas.

Untuk atmosphere boleh saya bilang biasa saja, tapi bagusnya tempat ini mereka menyediakan kursi dan meja yang nyaman untuk ditempati lama (tidak ketinggian atau kerendahan) sehingga pelanggan pun merasa betah dan nyaman. Soal service, menurut saya sangat baik, pelayanan pada restoran ini sudah seperti fine dining, dilayani sangat ramah, bahkan chef-nya juga terkadang ke resto untuk lihat-lihat dan menyambut pelanggan. Awalnya saya ingin berbicara dengan chef-nya mengenai arti Musouya dan sedikit sejarah dari Musouya, tapi kata teman saya beliau tidak bisa bahasa Inggris, hanya bisa Jepang dan Mandarin, bahasa Indonesia pun masih tidak lancar, jadi saya hanya bisa memotret tempat.

Next, untuk hygiene, karena ini standard hotel (venue-nya berada di dalam hotel), jadi jelas cukup bersih, mulai dari meja, toilet, alat makan, dsb.

Oya, di Musouya ini ada promo, jika share foto makanan di Musouya akan mendapatkan free 1 Annin Pudding.

Annin Tofu Pudding

Annin Tofu Pudding

Pudding yang satu ini sebetulnya saya tidak begitu suka, tapi rasanya sangat familiar, yaitu Almond. Dulu saya ingat Mama saya suka membuat pudding ini waktu saya kecil. Rasanya sangat manis, sehingga saya sih tidak begitu suka. Tapi pacar saya cukup suka, karena dia memang suka manis.

So, buat yang mau dateng ke tempat ini silahkan ke:

Musouya

Jl. Hegarmanah No. 2A (Hotel New Sany Rosa)

(022) 2033562

Buka hari Rabu – Senin (Selasa tutup)

Jam : 11.30 siang – 03.00 sore (lunch time) ; 05.30 sore – 09.00 malam(dinner time)

Untuk lokasinya itu jika dari arah Setiabudhi, tinggal lurus terus, setelah Setiabudhi Market, mulai perlahan, nantinya ada Jl. Hegarmanah, dan sudah terlihat juga nama hotel Sany Rosa. Jika dari arah Cipaganti, maka di pertigaan MCD, itu belok kanan, langsung ambil ke kiri (ke Jl. Hegarmanah) dan langsung ketemu ada hotel Sany Rosa disana.  Jika ada orang-orang yang bilang itu nama tempatnya Donburiya, tidak salah, karena Musouya ini adalah pengganti dari Donburiya. Jika membutuhkan peta silahkan lihat di bawah ini:

 

Leave a Reply

