Santen BBQ & Suki

Santen BBQ n Suki

Santen BBQ n Suki

Hello FoodSpoilers! Pernah ga sih makan di tempat makan Thai Suki atau BBQ namun cita rasanya asli dari Thailand? Bahkan sang owner-nya ternyata adalah orang Thailand asli? Sangat jarang sekali bisa saya temukan, namun ternyata salah satunya adalah Santen BBQ n Suki.

Jpeg

Santen BBQ n Suki

 

Berlokasi di daerah Mekar Wangi Bandung, Santen BBQ n Suki ini menyediakan berbagai macam daging untuk BBQ dan terdapat banyak macam menu untuk Suki. Dengan cita rasa khas Thailand, pengunjung betul-betul dapat merasakan BBQ dan Suki yang sangat nikmat.

Santen Menu

Santen Menu (Sumber : FB Santen)

Santen Menu

Santen Menu (Sumber : FB Santen)

Nah, bisa dilihat dari menu di atas, berbagai macam menu, paket, serta harga dari makanan dan minuman di Santen. Pada dasarnya tidak begitu mahal, tapi yang paling patut dicoba adalah daging-nya. Baik Ayam, Sapi, maupun Babi. Nah, menyebut hewan ini sudah jelas resto ini non halal ya.

Hari itu saya memesan Family Set untuk 4 orang. Minumannya saya memesan Thai Tea. Sebelumnya sebetulnya saya sudah pernah kesini sebelumnya dengan pacar saya, ketika betul-betul pertama kali buka. Nah, hari itu kebetulan saya dengan keluarga saya sedang mencari makan di daerah Mekar Wangi, jadi saya rekomendasikan tempat ini dan sekalian saya liput untuk Food Spoiler.

Jpeg

Family Set (Meat)

Jpeg

Family Seat (Suki)

 

 

 

 

 

 

 

Untuk Family Set, di dalamnya terdapat 3 jenis daging (Sapi, Ayam, Babi), dan tersedia Sohun, bakso, dan tahu jepang, serta berbagai sayuran. Untuk prosi 4 orang pada dasarnya kurang, jadi saya menambah menu Jamur Enoki dan Crab Claw.

Jpeg

Kompor Pada Santen

Salahsatu keunikan tempat ini adalah penggunaan pemanggang-nya. Bentuknya khas dari Thailand. Jadi di tengahnya kita bisa gunakan untuk membakar, dan di sisi-sisinya digunakan untuk merebus. Jika terlalu kecil dapat meminta 1 tempat tambahan untuk merebus kok, jadi tenang saja. Tidak lupa juga, di atas panggangan ini disediakan minyak Babi untuk melumasi panggangannya (agar tidak menempel dagingnya pada panggangannya).

Jpeg

Interior Santen BBQ n Suki

Ada satu trik yang diberi tahu oleh owner-nya, supaya daging tidak menempel pada panggangan (karena waktu saya makan seringkali menempel), yaitu dengan cara membalikkan daging ketika belum kering, jadi ketika daging masih setengah matang, sudah harus dibalik, lalu untuk mematangkannya kembali nanti dibalik lagi sisi yang lain ketika sudah setengah matang juga, dan betul saja, cara ini berhasil. Memang agak kebalik caranya dengan memanggang Steak, mengingat jika kita membuat Steak justru jangan dibolak balik, sedangkan di Suki justru dibolak balik.

Untuk rasa, menurut saya daging di Santen adalah juaranya. Rasanya betul-betul khas, tidak pernah saya temukan di tempat Suki yang lain. Sedangkan untuk celupannya, tentu hampir semua tempat Suki sama saja. Begitu juga dengan kuahnya, menurut saya masih tergolong biasa saja, masih enak kuah di Tayang Suki. Jadi untuk Santen ini betul-betul saya rekomendasikan daging-nya (baik dibakar maupun direbus).

So, untuk harga di tempat ini sebetulnya bisa dilihat dari menu yang saya share di atas dari Facebook Santen. Namun untuk lebih memastikan, berikut yang saya habiskan (Desember 2014):

  1. Family Set – 62.500
  2. Crab Claw – 11.900
  3. Enoki – 9.900
  4. 2 Thai Tea – @18.000 – 36.000
  5. Total : Rp 120.300,-

Saya agak lupa apakah ada pajak atau tidak, yang pasti sih Free Parking. Dan untuk tempat parkir sendiri sebetulnya cukup kecil jika di depan rumah makannya, tapi karena ini komplek, jadi bisa parkir di dekat tamannya, jadi sebetulnya luas sekali (sepanjang komplek).

Sedangkan untuk penilaian, saya memberikan:

  1. Harga : 7/10
  2. Taste : 8/10
  3. Atmosphere : 8/10
  4. Service : 9/10
  5. Hygiene : 8/10

Soal harga bisa saya bilang sebetulnya murah, masih terjangkau untuk porsi besar. Sedangkan untuk rasa, saya sebetulnya bisa memberikan nilai 10 jika saja menu Suki-nya dan rasa kuahnya bisa berbeda dari tepat suki lain, angka ini sendiri saya pure berikan untuk daging-nya yang juara. Untuk atmosphere tempat ini sudah cukup nyaman, meski memang menurut saya cukup kecil tempatnya (dan tak ber-AC, hanya ada kipas). Tapi hiasan pada dinding dan design interior-nya cukup bagus menurut saya.

Interior Santen BBQ n Suki

Interior Santen BBQ n Suki

Soal service dan hygiene menurut saya sangat baik. Segalanya disini sangat bersih (termasuk toiletnya) dan pelayanannya pun ramah. Bahkan ketika pertama kali saya kesini masih bisa ketemu dengan ownernya yang ketika berbincang-bincang sedikit ternyata anaknya baru menikah dan mendapatkan pasangan asli dari Thailand, dari sanalah muncul niat untuk membuka tempat Thai Suki.

Nah, buat yang mau dateng ke Santen BBQ n Suki ini silahkan ke:

Santen

Jl. Mekar Laksana 21C

(022) 70000689

Jam Operasional – Siang-Malam, untuk tepatnya saya masih belum tahu.

Untuk arahnya, jika dari arah Cibaduyut, cukup lurus terus hingga ketemu Gereja Stairway From Heaven, disana masih lurus terus, nanti di kanan ada Santen (sebelah tempat Nikki Sushi). Jika dari arah Moh. Toha, setelah belok ke Mekar Wangi, tinggal lurus terus, lalu ambil jalur kanan (jalur Ruko) di bundaran (ke kiri masuk ke komplek), lalu lurus terus, nantinya di kiri ada Santen (sebelah Nikki Sushi).

Untuk petanya:

Leave a Reply

