Istana Mie dan Es

Wah, uda sekitar sebulan ga posting disini, karena kerjaan yang semakin menumpuk. Tapi di sela-sela kerjaan, kali ini saya bisa sempetin waktu untuk share tempat makan lainnya terutama di Bandung Selatan.

Istana Mie

Istana Mie

Kali ini saya akan membahas sebuah tempat makan mie yang cukup baru di Taman Kopo Indah. Sebetulnya ga baru-baru amat, mungkin sekitar akhir 2014 sudah ada, dan saya mencobanya ketika masih awal-awal dibuka, jadi bisa disebut ini postingan lama harusnya…

Di Istana Mie ini tersedia berbagai macam jenis makanan berbahan dasar mie dan es. Selain mie, ada juga kok sayuran chinese food lainnya.

Istana Mie dan ES

Istana Mie dan ES

Hari itu saya pesan yamien asin dan mie capcay masing-masing seporsi untuk saya dan pasangan saya. Karena baru buka, jadi waktu itu tempatnya penuh banget, saya bahkan sering mendengar konsumen yang mengeluh karena menunya lama datangnya.

Suasana Istana Mie

Suasana Istana Mie

Dari foto diatas bisa terlihat agak ramai, dan ini merupakan bagian samping dari ‘Istana’ ini, di samping ini tempatnya ada beberapa tempat duduk dan dapur minuman.

Memang agak lama menunggu hidangannya datang, mungkin ada sekitar 30-45 menit, tapi menurut saya untuk sebuah tempat yang baru buka masih bisa dimaklumkan (selama di bawah 1-2 bulan)

Yamien Asin Istana Mie

Yamien Asin Istana Mie

Nah, di atas merupakan tampilan yamien asin di istana mie. Ketika datang saya cukup terkesima, karena mie-nya kecil dan mie berbatang kecil seperti itu merupakan favorit saya.

Jpeg

Tidak lengkap rasanya makan yamien tanpa kuah dan toppingnya, di atas merupakan kuah komplit pasangan si yamien asin. Isinya ada siomay, tahu goreng, bakso, dan pangsit kuah.

Untuk rasa, mungkin karena terlalu ramai, jadi rasanya hambar, meja sebelah saya malah komplain keasinan (mungkin chef-nya lelah). Sedangkan untuk kuah pun menurut saya agak sedikit kurang asin. Namun untuk tekstur mie, saya bisa bilang tekskturnya oke, lembut, dan harusnya bisa enak.

Berikutnya, untuk topping kuah, menurut saya sih biasa saja, siomaynya terbilang biasa saja, begitu juga dengan bakso, pangsit, dan tahunya.

Mie Capcay Istana Mie

Mie Capcay Istana Mie

Berikutnya menu yang saya pesan yaitu Mie Capcay. Kalau disebut ifumie jelas berbeda, karena kalau ifumie, mie-nya digoreng lalu dicampur dengan capcay, kalau mie capcay, mie-nya tidak digoreng, lalu dibanjur capcay.

Menurut saya rasa dari mie capcay ini enak, rasanya pas meski pasangan saya bilang keasinan. Jadi menu ini bisa cukup direkomendasikan oleh saya.

Jpeg

Untuk isinya menurut saya cukup lengkap, ada berbagai jenis jamur, bakso, sayur mayur, jagung, dan sejenis kekian.

Untuk harga kurang lebih menu disini berkisar 15-30ribu, karena sudah agak lama jadi sudah lupa dan tidak saya foto bill-nya.

So, untuk penilaian, saya memberikan:

  1. Harga : 7/10
  2. Taste : 6/10
  3. Atmosphere : 6/10
  4. Service : 6/10
  5. Hygiene : 6/10

Untuk harga saya pikir tidak begitu mahal, karena satu porsi disini cukup banyak isinya dengan harga segitu menurut saya masih seimbang. Untuk taste karena mungkin pertama buka dan sibuk chef-nya jadi ada yang kurang asin dan keasinan. Untuk atmosphere dan service saya pikir standard, tidak ada yang wah, bahkan untuk service tergolong kurang baik karena suka lupa pesanan, sehingga sudah lama ditunggu gataunya belum dibikin, untungnya saya waktu itu cuma jus alpukat yang tidak dibuat, tapi beberapa meja sebelah saya ada yang mie capcaynya belum dibuat bahkan yamiennya sudah ada tapi kuahnya tidak ada, tapi sekali lagi, ini kemungkinan dikarenakan baru buka. Untuk kebersihan saya kira cukup bersih meski ketika meja sudah ditinggalkan konsumen tidak langsung dibersihkan.

Nah, untuk yang ingin mencoba makanan di Istana Mie dan Es Bandung ini, silahkan datang ke:

Istana Mie dan Es

Taman Kopo Indah 2 Ruko 1 A No. 3

(022) 5421210

 

Buat yang bingung kenapa disebut Bandung, karena sebetulnya Istana Mie dan Es ini ada banyak cabang di kota lain. Untuk daftar cabang Istana Mie dan Es lainnya bisa ke link berikut ini.

Untuk arah ke tempat ini, jika dari kopo bihbul, cukup lurus terus hingga ketemu Borma Taman Kopo, lalu belok kanan di bundaran, lalu lurus terus lagi, nanti ada di sebelah kanan. Jika dari arah Holis, maka cukup masuk ke Taman Kopo lalu lurus terus, nanti ada di sebelah kiri.

Untuk petanya kurang lebih bisa dilihat di peta berikut, lalu cari tempat bernama D’Plate, istana mie tidak jauh dari situ.

Leave a Reply

