Bakmi Tasik Sanjose

Bakmi-Tasik-SanJose-Bandung

Olahraga merupakan salahsatu kegiatan yang paling penting dilakukan. Mau tua atau muda menurut saya olahraga harus rutin dilakukan, meski mungkin hanya sekali atau dua kali seminggu, tapi olahraga dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan kita. Tidak perlu olahraga yang berat-berat, cukup berjalan kaki atau lari memutari perumahan juga bisa, atau kalau tinggal di kota, mungkin bisa mencari GOR (Gelanggang Olah Raga) sebagai alternatif. Kalau di Bandung biasanya yang terkenal adalah GOR Padjajaran.

Nah, ngomong-ngomong GOR Padjajaran, kalau di pagi hari ada satu tempat jualan mie yang sudah cukup lama berdiri disana, yaitu Bakmi Tasik Sanjose. Untuk orang-orang yang sudah sering kesana tempat ini mungkin sudah tidak asing. Kalau kerja bagaimana? Tidak sempat ke GOR untuk mencicipi bakmi disini jadinya gimana? Tenang saja, karena Bakmi Tasik Sanjose ini juga buka di Jalan Pasir Kaliki Bandung, tepatnya di sebelah toko Sosis & Baso Paskal.

Di tempat ini tidak hanya menjual mie loh, namun ada misoa, bihun, kwetiaw, dan banyak lagi. Tapi karena saya seorang pecinta mie jadi kali ini saya mau mencoba mie-nya. Oya, kali ini saya mencoba Sanjose di Pasir Kaliki karena dekat dengan tempat kerja saya.

Bakmi Tasik Sanjose

Bakmi Tasik Sanjose

Tempatnya cukup rapih, luas, dan bersih. Ketika tiba disini pun pelayan langsung memberikan lembar menu untuk saya pesan.

Menu Bakmi Tasik Sanjose

Menu Bakmi Tasik Sanjose

Hari itu saya pesan 1 yamien manis dan 1 yamien asin, serta untuk minuman saya membeli es cincau. Oya, jauh sebelum food truck nge-trend di Bandung, dulu Bakmi Sanjose ini berbentuk food truck loh di GOR Padjajaran, mobilnya sering mangkal disana, tapi saat ini sudah berupa tempat makan biasa karena banyaknya pembeli yang mau makan di tempat.

Sekedar informasi sedikit, Sanjose itu apa ya? Cabang dari California kah? Nah, menurut info dari teman saya yang kebetulan owner dari Bakmi Tasik Sanjose, nama ini diambil dari nama orang yang membuat usaha bakmi ini, yaitu Sani dan Joseph. Jadi begitu disingkat lahirlah nama Sanjose. Jadi bukan San Jose yang ada di California itu ya.

Yamin Asin Bakmi Tasik Sanjose

Yamien Manis Bakmi Tasik Sanjose

Cukup dengan informasi nama Sanjose, sekarang kita bisa lihat salahsatu menu paling laris disini, yaitu Yamien. Pasangan saya memilih menu yamien manis karena lebih menyukai manis.

Yamin Asin Bakmi Tasik Sanjose

Yamin Asin Bakmi Tasik Sanjose

Nah, kalau ini pesanan saya, yaitu yamien asin. Bentuk dan rupa overall sama kok dengan yang manis, yang pasti aroma dan bentuk mie yang pipih dan kecil langsung membuat saya ingin segera mencicipinya.

Selesai foto-foto dengan makanannya, saya pun segera mengaduk yamien ini dan mulai mencicipi. Mulai dari cicipan pertama saja saya langsung bisa mengatakan mie ini enak! Rasanya pas dan ayamnya pun empuk dan gurih, karena menggunakan ayam kampung asli. Taburan daun bawang pun membuat yamien ini semakin wangi. Untuk yang tidak suka daun bawang, cukup pisahkan saja atau ketika memesan bilang jangan pakai daun bawang. Untuk isiannya, saya memilih pangsit karena pangsit disini handmade buatan Sanjose, rasanya cukup unik tapi menurut saya enak rasa pangsitnya.

Bakmi Tasik Sanjose

Bakmi Tasik Sanjose

Selagi menikmati Bakmi Tasik Sanjose, saya sempatkan memotret suasana dapur dari tempat ini. Dapurnya cukup bersih, dan karena dibuat di depan konsumen jadi bisa dibilang untuk soal kebersihan dan mutu sudah terjamin dengan baik, bahkan mereka tidak akan keberatan jika Anda ingin melihat proses pembuatannya.

Es Cincau Bakmi Tasik Sanjose

Es Cincau Bakmi Tasik Sanjose

Last but not least, ini menu minuman yang saya pesan, yaitu Es Cincau. Untuk rasa sebetulnya biasa saja, tapi setidaknya tidak kemanisan. Rasanya pas sehingga tidak membuat eneg. Cincaunya pun bersih dan bagus bentuknya.

Nah, ini yang suka ditunggu oleh pembaca Food Spoiler, yaitu harga dan penilaian. Untuk harga, dari yang saya pesan:

  1. Yamien Manis Pangsit – 30.000
  2. Yamien Asin Pangsit – 30.000
  3. Es Cincau – 10.000 (saya agak lupa ini berapa)
  4. Pangsit Goreng – 5.000/pcs

Total yang saya keluarkan waktu itu sekitar 75ribu rupiah. Oya, kalau dibilang mahal sebetulnya tidak juga, karena 1 porsi mie disini cukup banyak, pasangan saya saja tidak habis dan diberikan ke saya.

Berikutnya adalah penilaian:

  1. Harga : 7/10
  2. Taste : 9/10
  3. Atmosphere : 8/10
  4. Service : 9/10
  5. Hygiene : 8/10

Untuk harga menurut saya cukup wajar dengan nilai segitu, sesuai yang saya sebutkan, porsiannya cukup besar, pangsit gorengnya pun ukurannya besar, apalagi mie disini menggunakan ayam kampung asli. Berikutnya untuk taste saya berikan nilai 9 karena menurut saya mie disini sangat enak, sesuai dengan kriteria mie favorit saya yaitu kecil dan tipis, rasanya pun pas di lidah saya.

Untuk suasana dan service di tempat ini cukup baik, pelayanan ramah dari pelayan serta suasana tempat yang luas, pajangan-pajangan yang menghiasi dinding pun membuat tempat ini semakin nyaman dilihat. Untuk kebersihan saya bisa katakan baik karena cukup bersih, baik dari dapur maupun tempat makannya. Karena saya tidak ingin ke toilet jadi saya tidak tahu toilet disini bagaimana.

Nah, untuk yang sudah tidak sabar ingin mencicipi Bakmi Tasik Sanjose ini, berikut saya berikan kontaknya:

Bakmi Tasik Sanjose

GOR Padjajaran Bandung

atau

Jln. Pasir Kaliki No. 69

Jam Buka : 6 pagi – 10 siang (di GOR) atau jam 8 pagi – 8 malam (di Paskal)

Kontak : 087824907895 / 082129878688

Sedikit info, Bakmi Tasik Sanjose ini bisa delivery loh. Tapi mungkin hanya wilayah sekitar Paskal.

Untuk yang ingin tahu arah ke tempat ini, jika dari pintu tol Pasteur, tinggal lurus terus melalui under fly over (jangan naik ke fly over alias ambil kiri). Hingga lampu stop perempatan antara pasir kaliki, pasteur, dan sukajadi. Dari perempata itu belok ke kanan (Pasir Kaliki), lalu lurus terus hingga ada lampu stopan kembali, masih lurus terus hingga ada Istana Plaza di kanan, masih lurus lagi hingga ada traffic light kembali, belok ke kiri ke jalan Padjajaran, GOR Padjajaran tepat berada di kanan setelah KFC/Richeese Factory. Untuk yang di Pasir Kaliki, agak memutar sedikit karena satu arah. Dari GOR tadi masih lanjut lurus terus, ambil kanan, nantinya ada perempatan yang ada rumah sakit Melinda, belok ke kanan, lurus terus lagi sampai mentok, belok lagi kanan ke Jalan Kebon Kawung, masih lurus lagi sampai mentok (Hotel Cemerlang), belok ke kanan lagi ke Jalan Pasir Kaliki, lurus lagi, nanti di kanan ada ATM BCA atau Po Ka Tiam atau Sosis & Baso Pasir Kaliki, Sanjose tepat berada di sebelah Sosis & Baso Paskal.

Untuk yang butuh maps, saya berikan 2 maps yaitu maps yang gor pajajaran dan pasir kaliki.

Ini maps untuk ke Gor Padjajaran, sedangkan untuk yang di Paskal:

So, tujuan sudah ada, penilaian sudah ada silahkan mencicipi mie yang saya rekomendasikan ini. Happy eating!

Leave a Reply

