Food Trip in Bali

Lebaran tahun ini tujuan saya untuk bermain adalah Bali! Liburan kali ini cukup berbeda dari sebelum-sebelumnya, karena liburan kali ini difokuskan untuk kuliner… Berbeda dengan postingan saya sebelumnya, kali ini saya akan membahas langsung tempat makan yang menurut saya ‘the best’ di Pulau Dewata ini dalam bentuk Quick Review.

1. Warung Babi Guling Pak Malen
    Warung ini ada di daerah Sunset Road Bali. Tepatnya ada di Jl. Sunset Road No. 554 Seminyak – Bali. Kalau mau pesen lewat telepon bisa ke 085100452968 atau 081999988512. Tempat ini memang cukup terkenal, jadi jangan heran siang-siang kesini cukup ramai tempatnya. Selain harganya terjangkau, rasanya pun enak banget! Berhubung saya kesini waktu liburan, tempat ini jadi semakin ramai, bahkan saya dan keluarga saya tidak mendapat tempat duduk, sehingga diputuskan untuk dibungkus dan makan di mobil.
    img_20160707_140736_hdrNah, ada banyak Go-Jek tuh sedang antri, maklum, lagi liburan seperti ini pasti penuh dan orang jadi malas beli sendiri. Menu disini tidak banyak, hanya babi guling, gorengan, sosis, sate, dan kulit. Paling mudah tinggal pesan campur saja, semuanya ada disana, hehe… Oya, untuk campur pun ada 2 yaitu biasa dan spesial. Bedanya cuma di porsinya saja, yang spesial lebih banyak.
    Soal rasa, bisa dibilang top banget! Rasa dagingnya yang asin dicampur dengan gurihnya kulit dan dicampur dengan sambal betul-betul membuat lidah bergetar. Mungkin ada sebagian orang bilang tempat lain lebih enak, tapi ya, menurut saya ini sudah sangat enak dan bagaimanapun juga ini soal selera. Harga babi guling pak malen ini sekitar 30-40ribuan kalau tidak salah yang spesialnya.
  2. Sop Ikan Mak Beng
    Berikutnya, makanan di Bali yang bisa saya rekomendasikan adalah Sop Ikan Mak Beng. Sedikit saran saja, kalau kesini di waktu liburan ada baiknya membawa kipas, game, buku bacaan, atau apapun, karena antrinya betul-betul lama… Malah kalau bisa bawa kursi sendiri.
    img_20160709_133343 img_20160709_133358
    Bisa dilihat dari foto diatas, penuhnya bikin saya pengen cepet-cepet pulang.. tapi pada awalnya saja… Setelah mencoba makanan disini, malah ketagihan. Lokasi tempat ini cukup jauh, ada di wilayah Sanur, tepatnya di Jln. Hang Tuah No. 45. Menu disini hanya ada 1 yaitu sop ikan (sesuai namanya). Saya sempat ragu untuk makan, karena saya tidak suka ikan basah (kuah), tapi karena penasaran akhirnya coba juga. DAN ternyata memang rasanya top markotop. Tidak pernah saya makan sop ikan seenak ini.
    img_20160709_143237Sepiring nasi putih, ditambah ikan goreng, dan ditambah lagi dengan sop ikan, asli kenyang deh kalau seporsi sendiri. Jangan lupa juga, panas-panas gini minum Es JerukWerr… seger…
    img_20160709_143224Nah, ini dia ikan goreng favorit saya, kalau tidak salah ikan ini jenis ikan Jangki, tapi saya tidak begitu peduli, yang penting rasanya mantap! Dagingnya empuk dan gurih, digoreng, dan diberi sambal. Rasa sambalnya betul-betul nendang!
    img_20160709_143228Last but not least, sop ikan nya. Untuk daging ikannya, saya akui tidak hanyir, tidak bau, bahkan enak dan membuat saya ketagihan. Sop nya disini agak pedas, disertai bumbu rempah yang rasanya betul-betul juara! Untuk seporsi makanan ini berkisar antara 35-45 ribu saja. Jangan ragu untuk antri berlama-lama tapi mendapatkan harta karun kuliner yang top! Disini saya bertemu dengan turis lokal, sempat berbincang-bincang sedikit, dia mengatakan bahwa di dekat Mak Beng pun ada tempat yang selalu ramai, bernama Warung Men Weti.
  3. Warung Men Weti (Warung Adi)
    Next trip, hari berikutnya, karena penasaran dengan Warung Men Weti, akhirnya dicarilah tempat ini, memang betul, tempatnya tidak jauh dari Mak Beng. Tapi sayangnya ketika tiba disini sudah habis…. Hanya tinggal sedikit, padahal baru jam 9. Menurut penduduk sekitar, datang kesini harus pagi-pagi sekali dan antri dari pagi atau bahkan subuh jika liburan. Tapi rasa kecewa tidak begitu lama, menurut info dari penduduk sekitar, ada Warung Adi, konon katanya ini milik menantu atau anaknya (agak lupa). Rasanya katanya sama, hanya saja harganya lebih mahal. So, daripada penasaran akhirnya menuju Warung Adi.
    Tempatnya tidak jauh kok dari Warung Men Weti, hanya tinggal lurus saja, nanti ada di sebelah kanan. Tempatnya tidak terlalu besar, dan cukup sepi, tidak seramai Warung Men Weti.
    img_20160711_105820_hdrMenu disini hanya ada nasi campur. Jadi silahkan pesan nasi campur. Pada dasarnya ini seperti nasi jinggo, hanya saja isinya banyak dan bervariasi.
    img_20160711_105804_hdrTaa daa… Inilah nasi campur yang dimaksud. Isinya terdiri dari telur, sate lilit, dorokdor, urap, dan sambal. Menurut saya sih nasi campur terenak di Bali yang pernah saya makan adalah Nasi Campur Adi ini. Tapi saya sempat baca food blogger lainnya yang bilang bahwa Warung Adi hanya 75% kemiripannya dengan Men Weti, jadi semakin penasaran nih ke Men Weti, mungkin kunjungan ke Bali berikutnya saya akan coba Men Weti.
    img_20160711_105812_hdrOya, dorokdok disini enak banget! Saya juga tidak tahu kenapa, tapi gurihnya pas dan kriuknya betul-betul ketagihan, sayang tidak dijual terpisah… Mau tau harganya? Ya, seporsi nasi campur ini berharga 50ribu. WOW…..
  4. Gusto Gelato
    Tempat ini sempat jadi trending di dunia food blogger. Saya baru bisa kesini ketika lebaran kemarin. Tempatnya asli penuh banget! Antrinya pun panjang mengular (karena lebaran sih), tapi antriannya cepat kok, karena pelayan disini berjumlah total 8 orang untuk melayani konsumen yang membludak. Harga gelatonya menurut saya sih murah banget, 25ribu dapat 2 scoop besar. Rasa gelato disini pun mantap iler! Enak banget! Manisnya pas, tidak over. Sayang sekali saya tidak sempat foto di tempat ini, namun foto-foto dari web http://gusto-gelateria.com/ bisa menghibur iler Anda. Oya, waktu itu saya sempat coba Peanut Butter, ini rasa juara banget! Seperti makan selai kacang tapi berbentuk gelato. Tidak hanya gelato, disini juga ada Sherbet, cobain deh sherbet Blackcurrant nya, asam tapi segar banget!
  5. Teba Mega Cafe Jimbaran
    Kuliner di malam hari tidak kalah serunya. Jimbaran mungkin salahsatu lokasi yang tidak asing untuk pecinta kuliner seafood malam. Lokasi ini bak Pasar Ikan Pangandaran. Dalam satu lokasi ada banyak rumah makan yang menjual makanan laut, dan enaknya lagi kita bisa makan di pinggir pantai, alias di pasir. Sekedar masukan aja, kalau mau kesini bisa sekitar jam 4-5, supaya bisa menikmati sunset dahulu sebelum makan. Berhubung saya agak kemalaman, jadi tempat ini sudah sangat penuh. karena gelap juga, saya tidak bisa mengambil banyak foto.
    img_20160708_213433_hdrTempat ini ada di sebelah kiri kalau dari parkiran, kalau tidak salah tempat ke 3 atau 4. Makanan yang saya rekomendasikan disini adalah: Kerang Bakar! Saya prefer kerang bakar dibanding udang, lobster, atau apapun di tempat ini. Harga seporsi sekitar 40ribu isi sekitar 10 kerang. Bumbunya meresap sampai daging dan aroma bakar yang legit betul-betul mantap!
  6. Five Monkeys
    Malam terakhir saya di Bali, tidak lengkap rasanya kalau belum ke Five Monkeys. Dulu pertama kali saya kesini masih baru dibuat, untungnya sampai saat ini masih bertahan. Five Monkeys merupakan cafe yang menjual burger terbaik yang pernah saya makan.
    Sekilas info, dulu saya mencoba makanan ini secara tidak sengaja, karena letaknya dekat dengan hotel tempat menginap dulu (Aroma Hotel) dan kebetulan sedang ingin makan burger.
    img_20160711_203036_hdrSelain burger, disini juga menyediakan hot dog, tidak kalah enaknya kok, kalau ingin hot dog bisa ke tempat ini juga. Harga 1 porsi burger disini sekitar 40ribuan. Kalau dengan paket beer sekitar 50ribu. Tempatnya tidak besar, tapi muat banyak orang.
    img_20160711_203256_hdr img_20160711_203355_hdr
    Menu favorit saya disini adalah BBQ Bacon Cheeseburger. Jadi ceritanya ada potongan daging burger empuk, dilapisi keju Cheddar yang setengah meleleh, di atasnya diberikan lagi sepotong bacon yang cukup besar dan ditambah lagi onion ring. Semua kenikmatan ini berada dalam 1 roti burger! Kalau sudah coba burger ini dijamin ketagihan deh! Oya, sekedar info, sesuai namanya bacon, jadi menu ini mengandung babi alias tidak halal.
    img_20160711_204700_hdrOya, waktu kesini, ada promo untuk tag dan follow instagram Five Monkeys, kalau kita follow dan kita tag dan kasih ke kasir, nanti dikasih es krim gratis loh! Es krim nya pun enak!

Sedikit info saja, sewaktu di Bali saya menginap di Hotel Casa Padma, tepatnya ada di jalan Padma. Disini ada menu breakfast yang cukup unik, yaitu bubur Bali. Saya tidak pernah tahu seperti apa bubur Bali, dan dimana bubur Bali yang enak, tapi disini bubur Balinya cukup enak!

img_20160709_094343 img_20160709_094447

Jadi ceritanya ada bubur nasi biasa, dibanjur dengan kuah kuning seperti kari (tapi bukan kari), lalu diberi telur, tauge, dan kacang. Cukup unik rasanya, mirip bubur Gentong, tapi berbeda juga sih, tidak sama.

So, mungkin segitu aja kuliner yang bisa saya rekomendasikan selama saya di Bali. Untuk yang mau kesana bisa lihat rute maps di masing-masing tempat makan.