Warung Mahoni

Bandung sudah terkenal soal makanan Sunda. The best place on earth to eat Sundanese sudah pasti di Bandung. Ini juga yang membuat Bandung tidak pernah habis akan rumah makan Sunda yang terus menerus bermunculan. Memang pada dasarnya rumah makan Sunda itu paling nikmat kalau kita makan di saung, lesehan, ambil nasi dari boboko, dan tentunya makan pakai tangan (masa iya pakai kaki), maksudnya makan langsung pakai tangan, tidak menggunakan sendok garpu. Tapi untuk beberapa orang, cara ini sedikit menyulitkan, bukan karena ingin elegant, tapi karena terlalu lama bersila kadang kaki kesemutan, terutama orang tua/lansia juga terkadang sulit untuk bersila. Nah, oleh sebab itulah banyak sekali rumah makan Sunda sekarang tidak berupa lesehan melainkan kursi dan meja.

p_20161014_193833

Warung Mahoni merupakan salahsatu rumah makan Sunda tersebut. Bentuknya rumahan, jadi bener-bener awalnya itu dari rumah yang dibuat jadi rumah makan, awal masuk agak bingung jadinya, berasa masuk rumah orang.

p_20161014_190652

Terasa banget ya rumahnya, dapurnya ada di ujung belakang, ada ruang tamu dan ada TV nya. Mungkin ownernya bisa punya slogan “Anggap saja rumah sendiri“.

p_20161014_185828

Meskipun rumahnya tidak terlalu besar, tapi ada banyak ruangan yang memaksimalkan kapasitas konsumen. Jadi cukup luas kok buat acara makan-makan traktiran, tapi kalau undangan pernikahan kayaknya terlalu kecil.

Stop bahas ruangan, kita lanjut ke makanannya. Ini dia menu yang ada di Warung Mahoni.

p_20161014_190351 p_20161014_190400

Harganya relatif terjangkau, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah juga, tapi kita coba lihat antara harga dan porsinya. Hari itu saya coba memesan Nasi Timbel, Nasi Putih, Ayam Ungkep, Karedok, dan Tahu Goreng Krispi. By the way, jangan berpikiran Nasi Timbel disini isinya sudah ada ayam dan sebagainya ya, tapi disini kita pesan jenis Nasi yang kita inginkan.

p_20161014_191005

Pertama, ada ayam ungkep. Ayam ungkep ini warnanya cokelat, biasanya padahal kuning. Tapi apalah artinya warna. Rasa ayam ungkep ini cukup enak kok, dagingnya empuk dan lembut, ditaburi bawang goreng jadi lebih wangi. Memang masih kalah dari ayam ungkep di Pandan Wangi Resto, tapi untuk harga segini boleh dicoba.

p_20161014_191015

Berikutnya, ada karedok! Ini menu favorit saya di rumah makan Sunda. Karedok disini rasanya enak, ditambah kerupuk aci semakin mantap deh rasanya. Bumbunya digiling dengan baik, masih bertekstur kacang (bukan selai), isinya pun kumplit, mulai dari terong hijau, tauge, kol, timun, dll. Kerupuknya cuman dikasih satu? Jangan khawatir, duduklah di meja tengah, karena ada 1 meja di pinggir menyediakan kerupuk 1 blek.

Hello Kerupuk Aci

Hello Kerupuk Aci

Info sedikit, kerupuk buatan DDN ini memang paling enak menurut saya. Tapi awas palsu ya kalau beli di luaran.. hehe..

Next, tahu Krispi, berikut penampakannya:

loading_icon

Jangan ditunggu loadingnya ya, karena memang tidak ada gambar tahunya :D, maklum karena sempat salah datang pesanan (yang datang pertama tahu goreng biasa), jadi dibuat ulang, sayanya terlanjur makan dan sulit memotret tahu karena makan pakai tangan langsung.

Tapi info nih, tahu krispinya enak banget… Tahunya krispi kriuk dan asin… Patut dicoba.

Selesai makan dan minum, jangan lupa untuk bayar, di kasir ada jualan snack juga, untuk cemilan di jalan atau oleh-oleh.

p_20161014_185837

So, untuk penilaian Warung Mahoni:

  1. Harga : 7/10
  2. Taste : 8/10
  3. Atmosphere : 8/10
  4. Service : 9/10
  5. Hygiene : 9/10

Untuk harga boleh dibilang terjangkau, porsi pun cukup banyak. Untuk karedok itu harusnya bisa untuk 2-3 orang. Sedangkan untuk rasa menurut saya tempat ini sangat layak dicoba. Suasana tempat disini pun sangat baik dan apik, cuma perlu sedikit penataan saja dimana masih ada kamar yang dikunci dan entah isinya apa, dan kalau ada TV yang lebih besar sepertinya seru untuk nonton TV dan akhirnya tidak pulang-pulang. Untuk pelayanannya sangat ramah dan memuaskan, sempat salah bikin menu tapi pelayannya meminta maaf dan membuatkan yang baru. Soal kebersihan, mungkin karena masih baru, jadi saya nilai cukup bersih.

Parkirnya cukup luas juga

Parkirnya cukup luas juga

Untuk yang penasaran dan mau ke Warung Mahoni, silahkan kunjungi di:

Warung Mahoni

Jl. Pajagalan No. 35. Bandung

022-4208356 / 081323648137

Jam Buka dari 10 siang – 9 malam

Untuk arahnya, tinggal ke jalan Kalipahapo saja, cari masjid besar disana, belok ke kiri (kalau dari arah pagarsih), atau belok ke kanan jika dari arah otista, tidak jauh dari belokan tersebut ada Warung Mahoni. Lebih detailnya, silahkan cek peta berikut:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s