Babakaran

Minggu ini, masih seputar tentang sate, kemarin bahasannya sate pedas asin, sekarang bahasannya adalah sate macem-macem alias apapun ada, mulai dari daging, jeroan, sampai kerang. Nama tempat ini adalah Babakaran.

Babakaran

Babakaran (Source: jalan2gendut)

Tempat ini sedang ngehits di Bandung, sekitar tanggal 9 Januari saya kesana saja masih sangat penuh, padahal hari biasa. Antriannya pun panjang banget, makanya saya tidak bisa ambil foto tempatnya dengan baik karena sangat padat, bahasa modernnya “pakepuk”, jadi saya ambil dari food blogger lain dari hasil pencarian Mbah Google.

Tempat ini direkomendasikan oleh salahsatu sahabat saya, katanya disini makanannya enak dan dia pun sering kemari. Jadi waktu itu saya minta dia dan tunangan saya yang pesankan, saya mencari tempat duduk.

Babakaran

Nah, ini dia makanannya, untuk menunggu makanan ini betul-betul menguji kesabaran loh…. Mungkin ada sekitar 1 jam saya menunggu. So, what about its taste? Jujur saja, menurut saya sih biasa saja ya, tapi yang bikin kita terus-terusan nagih makan disini adalah sambalnya! Sambalnya ini super mantap, enak banget dan pedas banget. Sambalnya ada banyak pilihan, tapi rekomendasi saya sambal dayang sumbi dan sambal matah, keduanya dicampur lalu diaduk, cocol satenya kesana, mantap iler… Jadi buat yang kurang suka pedas pada dasarnya ya ini makanan biasa, ayam ditusuk lalu dibakar, itu saja… Untuk minumannya sendiri juga menurut saya biasa saja rasanya, tapi mereka banyak menyediakan susu, mungkin supaya rasa pedasnya cepat netral.

Morning Greentea Babakaran

Morning Greentea Babakaran

Harga makanan disini variatif, sate ayamnya diharga 2.500/tusuk (lebih mahal dari sate asin pedas dulatip). Sate usus, kulit, dan kikilnya 2000/tusuk. Sate tuna dan cumi 3000/tusuk, dan sate telur puyuh 3.500/tusuk. Harga totalnya nantinya ditambah pajak 10% dan servis 5% ya…

Sekedar saran, kalau kesini dengan wanita atau pria berambut panjang minta mereka jangan keramas dulu ya, soalnya rambut mereka sepulang dari sini dijamin ada aroma babakaran, takut-takut mereka sampai rumah lapar lagi. 😀

So, untuk penilaian Babakaran:

  1. Harga : 7/10
  2. Taste : 6/10
  3. Atmosphere : 5/10
  4. Service : 5/10
  5. Hygiene : 5/10

Untuk harga relatif ya, bisa dibilang mahal, bisa juga dibilang murah. Saya bilang mahal karena memang 2.500 sepertinya terlalu mahal untuk 1 tusuk sate ayam, tapi memang sate ayamnya berbentuk cube, jadi mungkin itu yang bikin mahal, tapi sekali lagi, relatif. Untuk rasa menurut saya sangat biasa, di rumah pun bisa saja kita bikin sendiri karena tidak ada bumbu khusus/spesial yang memberikan ciri khas pada sate disini, tapi sambal mereka betul-betul menolong nilai pada aspek ini. Untuk suasana disini menurut saya tidak begitu nyaman, karena cukup padat, panas, ramai, dan seluruh areanya smoking, jadi asap babakaran dicampur asap rokok dicampur asap vapor, sudah tidak jelas apa yang saya hirup. Untuk pelayanannya cukup ramah, tapi kalau lebih dari 2 orang biasanya disuruh mengantri di kasir, langsung pesan disana, tapi jika hanya 2 orang dia berikan kertas untuk dipesan. Soal kebersihan relatif oke, tapi cara membersihkan meja disini masih klasik, angkat piringnya lalu buang ke bawah sisanya…

Babakaran Price

Babakaran Price

Untuk yang mau ke tempat ini silahkan datang ke:

Babakaran

Jln. Ir. H.Djuanda (Dago) No.111

Depan FO Cheap Outlet

Jam buka : sore – malam

Lokasinya cukup mudah dicapai, kalau dari arah Dago bawah, tinggal lurus terus hingga Kartika Sari, lalu lurus lagi nanti ada di sebelah kiri dekat Cheap Outlet, sebelum Blossom. Lebih pastinya bisa cek map berikut:

 

Leave a Reply

