Ketoprak Surya Pagarsih

Pagi-pagi mau cari makanan berat? Gampang, bisa cari ketoprak surya di Jalan Pagarsih Bandung. Ketoprak merupakan makanan khas Cirebon yang isinya terdiri dari ketupat, tahu, bihun, bumbu kacang, mentimun, kerupuk, dan kecap. Di Bandung, mencari ketoprak yang betul-betul enak cukup sulit. Beruntung, saya pernah berkunjung ke salahsatu tempat jual ketoprak di Jalan Pagarsih. Awalnya hanya menemani teman saya beli, tapi karena terlihat enak jadi saya ikut beli, sejak saat itu saya jadi ketagihan ketoprak disini.

Ketoprak Surya Pagarsih

Ketoprak Surya Pagarsih

Lokasinya cukup mudah dijangkau, berada di Jalan Pagarsih depan Toko Bangunan Jawa Abadi (Pagarsih 196). Tukang ketoprak disini biasanya ada dari jam 6 pagi hingga siang. Biasanya jam 10 atau 11 sudah habis. Warna gerobaknya hijau dengan tulisan Ketoprak Surya Cirebon pada kacanya.

Ketoprak Surya Pagarsih

Ketoprak Surya Pagarsih

Penjualnya masih muda dan hanya berdua. Sedkit info, di Pagarsih ini ada 2 tukang ketoprak, yang satu di depan Toko Bangunan, yang satu lagi ada di depan sekolah SD Pagarsih. Saya secara pribadi lebih suka yang di depan Toko Bangunan ini, karena lebih sering buka. Pernah ditanya sih katanya hubungan mereka itu kakak – adik, tapi ada yang bilang juga mereka ayah – anak. Tapi toh tidak saya perdulikan juga, karena yang penting rasanya.

Ketoprak Surya Pagarsih

Ketoprak Surya Pagarsih

Ini dia penampakan ketopraknya. Saya belum pernah makan di tempat, selalu dibungkus, karena saya selalu membeli pagi-pagi untuk sarapan di kantor. Proses pembuatan yang cukup makan waktu dan unik membuat rasa dari ketoprak ini begitu legit. Kenapa unik? Karena dulu saya sempat kaget ketika melihat proses pembuatan ketoprak ini, dimulai dari memasukkan potongan cabai (kalau mau pedas), lalu potongan gula merah, lalu kacang yang sudah di blender, lalu secuil bawang putih dan bawang merah.  Setelah itu disiram menggunakan air. Saya sendiri belum tau ini air biasa atau campuran apa, yang pasti tukang ketoprak sudah menyiapkannya di dalam botol. Semuanya ini direndos atau diuleg di atas piring langsung, saya sempat bingung “piringnya apa ga pecah ya?”. Setelah bumbunya bercampur semua, baru ditaruh di atasnya potongan ketupat, potongan tahu, sejumput bihun, dan diberikan kecap. Setelah itu baru diberikan potongan mentimun. Terakhir, diberikan kerupuk pink yang membuat ketoprak ini sempurna.

Rasanya bagaimana? Wajib dicoba. Ini merupakan sarapan yang betul-betul mengenyangkan perut di pagi hari. Bahkan sampai saat ini saya belum menemukan tempat ketoprak lagi yang enak selain di Pagarsih ini. Ada sih 1 tempat di Cibadak, itu cukup enak, tapi menurut saya pribadi masih lebih enak di Pagarsih ini. Rasanya sendiri betul-betul nendang, rasa kacang yang betul-betul gurih, dicampur ketupat dan tahu putih goreng, dan ditambah kerupuk betul-betul memberikan sensasi makan ketoprak ternikmat di tempat ini.

Untuk penilaian saya tidak dapat memberikan nilai karena hanya dapat nilai rasanya saja. Untuk rasa tapi saya berikan nilai 9/10. Harga seporsi ketoprak ini pun hanya Rp 10.000,00 saja. Untuk saya sih kenyangnya bisa sampai sore. Oya, kalau agak siang biasanya cukup penuh tempat ini, sehingga harap sabar mengantri, karena proses pembuatannya saja cukup memakan waktu, karena diuleg dadakan.

Untuk ke Ketoprak Pagarasih ini kalau dari arah Jalan Jamika bisa belok kanan ke Pagarsih, lalu nanti ada di sebelah kiri. Kalau dari arah Astana Anyar, belok kiri ke Pagarsih, lurus terus hingga nanti ada di kanan. Lebih tepatnya bisa cek peta berikut:

Leave a Reply

